Politik Focus in vs Politik Focus out

Paket : Edukasi

Tema : Wawasan Sikap Politik

Oleh : Eza Azerila

mengukir

Dalam kancah perpolitikan nasional, aku melihat ada dua model pegiat politik :

Pegiat Politik Focus-in dan Pegiat Politik Focus-out.

Pegiat politik Focus-in ( ppf-i ) fokus pada peningkatan kualitas diri, introspektif, evaluatif, kualitatif, produktif, progresif, kreatif. Pegiat politik model ini terus mengukir prestasi dan tidak sibuk mengukur lawan politik.

Kesibukannya kerja, kerja dan kerja. Mereka penuh percaya diri. Sangat eksis. Penuh integritas diri. Tidak takut kehilangan jabatan. Apa adanya. Orientasinya prestasi bukan prestise.

Sementara para pegiat politik focus-out sibuk mempersoalkan lawan. Sibuk mengukur dan menilai kualitas lawan dan lupa mengukir kualitas dirinya. Orientasinya ambisi dan kepentingan. Kepercayaan dirinya lemah.

Mereka sangat posesif, protektif dan reaktif. Mereka miskin produktifitas. Kurang kreatif. Unggulannya massa dan modal uang bukan kualitas diri. Cara apapun digunakan untuk meraih dan melanggengkan kekuasaan.

Biasanya, meski pegiat politik focus-in sendiri akan menumbangkan para politisi focus-out yang bergerombol. Krn ppf-i tenang, ppf-o kalut. Ppf-i didukung massa yang tulus, ppf-o didukung massa bayaran.

Kesimpulannya :

Politisi Focus-in :

Aktif, kreatif, produktif, progresif, konstruktif, kualitatif, efektif, responsif, mengukir diri sendiri dan berorientasi prestasi..

Politisi Focus-out :

Tidak kreatif, kontra produktif, regresif, kuantitatif, tidak efektif, possesif, protektif, reaktif, destruktif, mengukur kualitas pihak luar dan berorientasi prestise..

 

Tinggalkan komentar